Thursday, November 10, 2005

Moto-Nano

Alhamdulillah, akhirnya setelah mengoprek E398 cukup lama, memantau forum-forum di internet, saya dapat menambahkan iTunes di E398 saya :D
Rasanya menyenangkan. Ini akibat main-main ke ForumPonsel . Sewaktu saya masih punya Siemens ME45 juga sama. Di oprek terus. Soalnya menegangkan. Kalo berhasil seneng banget. Tapi kalo gagal,.... yang terbayang adalah Service Center dan beli HP baru :D

Balik lagi ke E398. Awalnya ketertarikan ngoprek adalah karena skin. Biasa,..tampilan ingin tampak beda donk. Apalagi di kantor saya ada 4 orang (setahu saya) yang punya HP Motorola E398. Nah, supaya beda, oprek skinnya. Tidak seperti Nokia N-Gage (saya pernah punya tapi hilang. Hiks...) yang bisa diganti skinnya dengan mudah, E398 harus melalui software di komputer dan harus hati-hati. Soalnya ada kemungkinan gagal dan bikin HP mati/ga mau restart (terakhir kali kejadian begini adalah 1 minggu sebelum Lebaran).

Setelah itu berhasil, penasaran donk, apalagi yang bisa dilakukan dengannya? Ternyata ga lama, muncul Motorola ROKR yang dilengkapi dengan iTunes. Buat fans sistem operasi Macintosh, iTunes sudah tidak asing lagi. iTunes adalah software pemutar lagu yang sangat lengkap fiturnya. Dia dapat digunakan untuk menghubungkan iPod dengan PC. Dan, iTunes sangat elegan. Yang jelas, saya suka banget (lebih lengkap tentang iTunes, bisa lihat di iTunes

Nah, ROKR dilengkapi dengan iTunes. Dan secara fisik, sama persis dengan E398. Itulah yang menyebabkan para programmer diluar sana yang tertarik untuk membenamkan sistem operasi (firmware). Makanya, saya yang pengen banget punya ROKR, tapi masih belum punya duit untuk itu, nyari cara biar bisa ada iTunes di E398 saya. Sebenernya saya tidak terlalu fanatik dengan musik, tapi iTunes-nya itu lho. Bisa buat pamer ke temen kantor :D

Dan akhirnya, setelah memantau forum-forum tentang hacking HP, saya mem-flash E398 saya dengan Monster Pack dari Shoey (bisa dicari di MotoModders. Karena terburu-buru, Phonebook saya hilang. Belum sempat backup. Menyebalkan. Tapi itu pelajaran berharga. SELALU buat BACKUP!!

Wah, kayaknya harus dilanjutkan nanti nih. Tiba-tiba ada tugas mendadak yang harus selesai segera. Nanti disambung lagi apa yang terjadi setelah berhasil di flash. iTunes ga mau konek ke PC!!
Post a Comment