Friday, June 30, 2006

SNI 19-9001-2001 : ISO 9001-2001

Tanggal 29 Juni 2006 kemaren, kantor gue mulai menerapkan SMM (Sistem Manajemen Mutu) atau kerennya disebut QMS (Quality Manajemen Mutu) berdasarkan SNI 19-9001-2001 : ISO 9001-2001.
Efeknya, 2 minggu terakhir ini, belum tidur nyenyak karena menyiapkan SMM itu. Bos-bos masih belum terarah betul keputusannya. Bahkan di menit-menit terakhir, masih aja ada yang namanya Perubahan Format. Grr.....

Setelah gue perbaiki, gue pulang aja. Temen-temen gue pada nginep di hotel Ibis, 28 Juni 2006, untuk menyiapkan Launching SMM besoknya. Eh, besok paginya gue dikasih kabar, kalo ternyata nomor identifikasi Prosedur, Work Instruction gue berubah!!!
Hah....?? Bener-bener dah!!!

Akhirnya, gue cuek aja, habis udah ga ada yang bisa dikerjakan. Jam 10 pagi mau launching tuh.
Ternyata, setelah launching, yang gue takutkan tidak terjadi. Tidak ada pemeriksaan dokumen, hanya sambutan dari Kepala Badan dan para Deputinya, tentang SMM ini. Bla..bla..bla...

Habis itu, penyematan pin SMM untuk selalu mengingatkan bahwa SMM sudah diterapkan di kantor. Yup, kita lihat hari-hari berikutnya. Bisa ga mulus dalam menerapkan SMM. Soalnya, sampe hari ini, dokumen masih belum rapi dan belum disosialisasikan kepada rekan-rekan di kantor. Selain itu, kayaknya kami juga masih canggung menerapkan SMM, soalnya, itu artinya mengubah kebiasaan bekerja (habits). Dari yang biasa lisan (dalam nyuruh-nyuruh anak buah) menjadi tertulis (bikin Instruksi Kerja / Work Instruction).

Beberapa temen gue sampe sakit karena ngurusin SMM. Mudah-mudahan mereka baik2 aja.
Post a Comment