Friday, March 02, 2007

Catatan Kubuntu 6.10

Alhamdulillah, gue udah 2 minggu terakhir ini ga pake Windows lagi. Lagi nyoba pake Linux Kubuntu 6.10. Tambah menarik dengan Kubuntu. Masalah terbesar tetap dipegang oleh kompatibilitas dengan MS Office. Beberapa file Office tetap bisa dibuka, tapi beberapa tidak sempurna dibuka. Yang ga bisa dibuka sempurna itu kalo udah pake Object Linked Embeded (OLE) yang

Printer ga masalah. Gue coba connect ke printer HP LaserJet 1100 via Samba, berhasil dengan baik. Driver yang disediakan cukup lengkap. Gue pake Common Unix Printing System (CUPS). Gue bisa print dari OpenOffice. Untuk connect-nya, gue dibantu dengan Wizard yang disediakan oleh KDE 3.5 (Graphical User Interface (GUI) yang gue pilih untuk tampilan desktop gue).

Terus gue coba update driver VGA gue. Di sini gue pake GeForce 4400 MX. Driver yang dipasang oleh Kubuntu secara default adalah 'nv' generic. Pake driver generic menyebabkan warna tidak bisa tampil maksimal. Udah pake 32 bit, tetap aja warnanya pecah.

Akhirnya gue download driver NVIDIA dari situs ini. Setelah melakukan instalasi sesuai petunjuknya, ternyata driver ini sangat berpengaruh besar. Warna jadi tampil maksimal. Tingkat kecerahan juga lebih baik (gue juga ga ngerti sih. Atau cuma perasaan gue aja? :p)

OK. Ini dulu yang bisa saya tulis. Catatan lain menyusul deh.





powered by performancing firefox

Post a Comment