Monday, April 09, 2007

Apache 2.2.4 + WebDAV + SSL + PHP 5.2.1 Forbidden terus

Beberapa minggu yang lalu, gue kesulitan untuk install Apache, MySQL dan PHP secara manual. Nggak lewat port. Soalnya, akan lebih secure kalo compile sendiri.

Nah, gue nemu situs bagus untuk mulai. Ini dia situsnya : Rp. 25.000

Aneh judulnya. Tapi memang itu. Dia itu blognya Amsuri Anwar. Gue sendiri ga kenal dia, tapi artikel di blognya, sangat membantu. Setelah mengikuti dengan seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya, ternyata malah muncul error. Kayak gini :


Forbidden

You don't have permission to access / on this server.

Apache/2.2.4 (Unix) DAV/2 PHP/5.2.1 mod_ssl/2.2.4 OpenSSL/0.9.8d Server at 10.1.1.15 Port 80


Gue sampe 2 hari nyari masalahnya ga ketemu. Ngikutin FAQ dari Apache tetap nggak ngaruh. Baca log, juga ga ada petunjuk. Access_log = kosong. Error_log = ga ada error.

Ini apa errornya???

Ternyata error adalah di Virtual Host. Gue ga punya Virtual Host (secara fisik nggak ada direktori virtual hostnya), tapi malah mengaktifkan syntax Virtual-Host di httpd.conf. makanya selalu muncul pesan error diatas. Karena memang direktori itu nggak bisa dicari karena memang nggak ada.

Akhirnya, sekarang Apache gue udah bisa jalan. MySQL dan PHP, juga berfungsi dengan baik. Phiuuh.....

Powered by ScribeFire.

Post a Comment