Monday, April 30, 2007

Buka GMail via Kontact

Beberapa hari ini, gue dapat alamat bagus untuk nge-POP email GMail gue. GMail memang menyediakan fitur POP3. Dan itu bisa diaktifkan atau tidak via link Setting setelah user login. Tapi, di kantor gue, port 995 ditutup. Padahal port itu digunakan untuk POP3 GMail.

Nggak sengaja, gue nemu situs bagus. www.freepopsd.org. Software ini menyediakan teknik sehingga email di GMail bisa diambil dan disimpan di komputer lokal. Bagusnya, software ini tidak perlu port khusus. Cukup menggunakan port 80 (http). Dan lebih bagus lagi, ternyata software ini mendukung penggunaan proxy, sehingga komputer gue yang ada dibelakang proxy, bisa pakai software ini.

Situs freepopsd ini cukup lengkap. Ada dokumentasi yang menjelaskan cara pakai dan yang terpenting, forum untuk tanya-jawab. Kadang-kadang, dokumentasi atau FAQ saja tidak cukup. Perlu ada forum tanya-jawab untuk mencari solusi yang tidak ada di dokumentasi dan FAQ.

Cara pakainya tinggal ketik aja freepopsd -P alamat proxy:port-nya dan selesai. Lalu tinggal konfigurasi email client yang digunakan. Gue sih pakai Kontact. Email client bawaan KDE yang powerfull. Dan menurut gue sebanding dengan Thunderbird atau Microsoft Outlook 2003. Tapi ada sedikit masalah disini.

Yang pertama adalah karena email GMail gue sampe ribuan, download emailnya lama banget. Yang kedua, kadang-kadang, (entah Kontact gue atau freepopsd-nya) ada beberapa email ganda. Jadi email tersebut seperti ter-download 2 kali. Memang ga semua sih, tapi itu menunjukkan jumlah total email menjadi tidak akurat. Jadinya gue harus menghapus email ganda itu satu per satu.
Masalah lainnya adalah, si freepopsd tidak mendownload secara akurat. Email gue yang tahun 2007 hanya terdownload 2 buah!! Menyebalkan. Padahal gue punya banyak email yang tahun 2007.

Tapi ,sekarang udah berhasil pasang dan menggunakan freepopsd. Memang masih ada masalah, tapi gue selesaikan aja sambil jalan. Bye...



Powered by ScribeFire.

Post a Comment