Monday, April 09, 2007

Edit default path Perl

Udah hampir sebulan ini, gue coba install OCS NG di server baru gue. Kebetulan kantor gue beli server IBMX series. Di server lama, ga masalah. Udah berjalan baik. Waktu mau migrasi, masalah ini timbul.

Perbedaanya adalah pada saat gue install Apache, PHP dan MySQL. Kebetulan gue install secara manual. Jadinya ga via ports FreeBSD. Ternyata, itu menbuat lokasi file modul perl pendukung Apache gue, menjadi tidak dikenali oleh perl. Soalnya, dalam default path Perl, lokasi modul perl pendukung Apache gue nggak terdaftar. :((

Walhasil, gue jadi nggak bisa menjalankan webserver gue, karena ada modul perl yang ikut didalamnya. Gue coba bikin symlink (shortcut kalo di Windoze), masih nggak bisa juga. Karena gue harus men-symlink-kan seluruh modul yang terkait ke dalam default path-nya perl. Dan itu banyak banget. Nggak efektif. Ikutin cara dari situs ini juga masih nggak bisa. Karena modul perl-nya di load bersamaan dengan di-load-nya Apache. Modul perl tadi ditulis di httpd.conf.

Sekarang gue masih ngutak-atik biar bisa jalan. Gue ga mau install ulang Apache-nya. Karena gue harus install ulang lagi PHP dan MySQL-nya. Terus, nggak sengaja, perl-nya gue install. Kirain gue, kalo make deinstall di direktori port perl-nya, akan ada peringatan dulu sebelum hapus. Ternyata nggak ada. Jadinya, perl gue hilang deh :((

Yah, sekarang gue lagi download perl baru. Mudah-mudahan kali ini berhasil. Gue harus compile ulang lagi perl-nya.

Dan ternyata, setelah menunggu lama, gue berhasil!! Tapi bukan karena gue download perl yang baru. Itu karena pada waktu bikin symlink, gue ga lengkap bikin symlink-nya. Masih ada beberapa file dan direktori yang terlewat. Sekarang OCS bisa berjalan di server baru gue. Hhh.... ga sabar nunggu besok buat nerusin konfigurasi dan migrasi. :D





Powered by ScribeFire.

Post a Comment