Friday, July 11, 2008

Bugs @ Ubuntu 8.04 Hardy Heron

Beberapa hari yang lalu, gue upgrade ke Ubuntu 8.04 Hardy Heron. Gue puas setelah 1 tahun terakhir menggunakan Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon. Karena itu, gue upgrade. Setelah coba beberapa jam, gue menemukan beberapa hal yang aneh.

Pertama,
Gue nggak bisa akses Windows Shares. Kantor gue punya file server berbasis Windows 2003. Dengan versi 7.10, gue bisa akses dengan mudah. Sekarang tidak. Gue harus menggunakan option Connect-Server --> Windows Shares, dst untuk mengakses Windows Shares. Dan itu terus berulang.

Kedua,
Gue bisa muter mp3, tapi hanya sekali. Habis itu player-nya hang. Kalo mau muter lagi, harus restart lagi.

Ketiga,
Karena alasan yang tidak jelas, Ubuntu Hardy Heron sering hang. Padahal nggak gue apa-apain. Dan itu mengganggu.

Gue kira, cukup 3 alasan aja. Dan akhirnya gue surfing. Dapatlah gue alamat ini. Six Annoyances in Hardy Heron Ubuntu.

Yah, cukuplah sudah untuk itu. Akhirnya, setelah surfing cukup lama, gue beralih ke Ubuntu 7.10 Gutsy Gibbon [sebelumnya tetap coba Ubuntu Hardy Heron 8.04.1 --> Update 1. Tapi tetap ada bugs tersebut]. Dalam sehari, Jum'at kemaren, gue install 2x Ubuntu. Bukan main!! Untung data terselamatkan.

Dan nggak nyangka, setelah surfing lebih lanjut, ternyata ada distro buatan Indonesia yang menggunakan Ubuntu. BlankonLinux. Sayangnya, yang versi 3.0 menggunakan Ubuntu 8.04. Sehingga tetap saja bugs-nya muncul. Akhirnya, gue download BlankonLinux 2.0 yang menggunakan Ubuntu 7.10. Dan sekarang, bisa deh :D
Post a Comment