Friday, August 08, 2008

Membuat Read More pada Blogspot

8 Agustus 2008

Mungkin lebih dari 2 minggu, gue coba untuk membuat link Read More di blogspot seperti yang ada di sini. Tapi selalu gagal. Link yang diberi oleh Mbak Nur, saat itu nggak bisa diterapkan. Gue udah keliling Google untuk nyari solusinya. Ternyata penyebabnya adalah adanya perbedaan kode antara contoh yang diberikan di link tersebut dengan kode template blog yang gue pakai.

Gue dapat perbedaan tersebut setelah memasukkan kata kunci "blogger hacking how to create read more <$BlogItemBody$>". Dari sana, muncul alamat http://www.jackbook.com/blogger-hack-blogspot-hack-blogger-templates-customizing/read-more-in-blogger.

Perbedaannya adalah pada template blog gue, ada tag
<$BlogItemBody$>

sedangkan pada contoh pada link tadi, nggak ada. Jadi beberapa post gue, gue biarkan panjang. Setelah membaca lebih teliti link Jackbook.com tadi, ternyata template yang sebelumnya gue pakai adalah template Classic Blogger. Pantes aja nggak ada tag <$BlogItemBody$>. Lalu, apa yang harus gue lakukan?

Gue coba-coba klik link Tata Letak --> Custom Design. Terus ada tombol Upgrade Template (atau sejenisnya). Lalu muncul beberapa template yang bisa dipakai. Gue pilih Tic-Tac Blue. Sama dengan template gue sebelumnya. Lalu gue Simpan Perubahannya. Setelah itu gue coba ke Link Edit HTML. Baru kemudian apa yang ditunjukkan pada link tadi dan Blogging To Fame bisa diterapkan.

Phiuh... Menyenangkan bisa berhasil :)
Post a Comment