Tuesday, August 05, 2008

Moving Class @ TK

Kali ini gue akan cerita tentang Moving Class.
Gue nggak nemu definiti Moving Class di internet. So, jadi gue share dari yang gue tangkap aja :D TK anak gue, menggunakan sistem Moving Class dalam kegiatan belajarnya. Ada 4 kelas yang dilaksanakan disana. Kelas Sains, Ibadah, Seni, Huruf dan Angka. Dalam 1 hari, anak akan menempati 1 kelas secara penuh. Dulu, gue sering lihat di film-film remaja dari luar negeri sana (seperti Saved By The Bell), mereka juga pindah-pindah kelas. Kalo mata pelajaran Biologi, maka pindah ke kelas biologi, mata pelajaran seni, pindah ke kelas seni. Indonesia juga gue yakin pasti udah ada yang menerapkan sistem ini. Yang jelas, waktu jaman gue TK-SD-SMP-SMA, gue nggak ngerasain itu. Baru kuliah aja ngerasain.

Sekarang, anak gue yang TK ngerasain sistem Moving Class. Apa sih keuntungan dari Moving Class? Kata gurunya, paling tidak ada 3 keuntungan dari Moving Class.


1. Anak menjadi tidak tergantung pada 1 guru.

Tentunya, kalo pelajarannya berbeda, baiknya diajari dengan guru yang berbeda. Gurunya cerita, suatu ketika pernah ibu gurunya sakit. Lalu guru tersebut diganti dengan guru pengganti. Anak didiknya tidak mau sekolah. Alasannya "Aku nggak mau sekolah. Itu kan bukan ibu guru aku".

2. Suasana kelas tidak monoton

Tentu saja. Pindah ruangan, akan membuat suasana tidak monoton. Hal ini cukup membantu untuk membentuk mood yang baik.

3. Anak akan mendapat pelajaran yang lebih lengkap dan fokus

Salah satu sistem pembelajaran yang lain adalah dengan sistem Sudut. Dengan sistem Sudut, dalam 1 kelas akan dibagi menjadi beberapa sudut. Misalkan ada Sudut Seni, Sudut menggambar, dll. Lalu anak akan diberi waktu misalkan 15 menit di Sudut Seni, 15 menit di Sudut Menggambar, dll. Setelah 15 menit, maka anak akan pindah ke sudut lainnya. Nah, kalo anak tersebut mulai mood-nya di saat menit ke 14, kasihan kan kalo anaknya dipindahkan ke sudut lainnya? Dengan Moving Class ini, kalo anak tersebut hari ini dapat kelas Seni, maka selama waktu belajar dia, akan di kelas Seni. Entah itu main musik, menyanyi atau kegiatan seni lainnya. Tapi dia full di sana. Begitu juga kalo dia dapat di kelas lain.

Kalo ga salah, sebenarnya ada 2 lagi. Tapi gue lupa :p
Post a Comment