Thursday, August 14, 2008

Rapat dengan Kepala Badan

13 Agustus 2008

Siang-siang jam 14.30-an, gue dipanggil Fanfan. Kata dia, gue dipanggil Kepala Badan. Gue pikir, troubleshooting lagi. OK. Gue dateng. Sampe sana, gue tanya sekretarisnya.
Gue : "Ada apa Mbak?"
Sekretaris : "Rapat Pung".
Gue : "Hah? Berarti gue harus bawa buku dong?"
Sekretaris : "Iya." (sambil nyengir)

Waduh, gue nggak tahu harus rapat. Jadilah gue kembali ke ruangan gue.


Balik ke ruang Kepala Badan (tentunya dengan bawa buku), gue mulai duduk. Rapat belum mulai. Karena dadakan, rekan gue juga ada yang belum datang. Ini rapat apa sih? Ternyata rapat tentang website. Tapi yang menarik adalah pengarahan Kepala Badan tentang Organisasi. Tips untuk bisa memegang organisasi ada 3.

1. Memegang uang
2. Memegang orang
3. Memegang isu

Untuk poin 1 dan 2, gue ngerti. Tapi yang poin 3, gue nggak tahu. Maksudnya apa? Ternyata, isu menjadi penting. Kepala Badan memberikan contoh, Marty Natalegawa, salah satu kolega dia. Menurut beliau, Pak Marty ini mulai dari bawah. Tetapi, dalam perjalanan karir beliau, Pak Marty bisa menjelaskan isu-isu tentang luar negeri dengan baik. Nah, pimpinannya melihat Pak Marty begitu kompeten. Akhirnya, beliau naik ke jenjang yang lebih tinggi dan menduduki beberapa posisi penting seperti Duta Besar Indonesia di luar negeri.

Dari contoh itu, gue melihat, isu menjadi penting. Dalam hal ini, wawasan atau pengetahuan yang luas diperlukan untuk naik ke posisi puncak. Well, ini jadi pengetahuan baru buat gue.

Post a Comment