Saturday, August 30, 2008

Renumerasi PNS

Gue browsing, dan dapat alamat ini tentang Remunerasi PNS. Alamat yang kedua merupakan sambungan dari alamat tadi. Sebenarnya apa sih remunerasi? Kalo menurut alamat ini, remunerasi adalah tunjangan khusus.

Di kantor gue, remunerasi belum berjalan dengan baik. Hal ini karena banyak hal. Salah satunya adalah job description yang belum jelas. Gue, bisa mendefiniskan jobdesc gue sendiri. Pengalaman gue, PNS biasanya sering dijadikan BanSer (Bantuan Serbaguna alias diminta tolong untuk mengerjakan sesuatu yang mungkin bukan pekerjaan rutinnya).

Selain itu, niat dari pimpinan untuk memulai remunerasi menjadi sangat penting. Alhamdulillah, dengan pergantian Kepala Badan yang baru, mudah-mudahan hal tersebut bisa segera direalisasikan. Sebab, remunerasi itu halal. Dari pada harus korupsi? Sekarang harga-harga naik terus. Gas Elpiji aja, dalam 1 tahun ini sudah 3 kali mengalami kenaikan. Bukan main! So, gaji PNS memang tidak memadai untuk hidup saat ini.

Informasi yang gue dapet dari temen gue juga, kebetulan ayah dia bekerja di BKN, remunerasi itu baru DepKeu, BPK, MA yang sudah menjalankan. Pelaksanaan remunerasi, tergantung dari permintaan instasi bersangkutan. Dan itu, berarti sekali lagi niat pimpinan untuk memberikan remunerasi bagi pegawainya menjadi penting. Seluruh LPND di bawah Ristek, menurut temen gue, belum menerapkan remunerasi. Dan fakta itu akan segera berubah. Per tanggal 1 September 2008, remunerasi juga akan berlaku bagi LIPI.

Mudah-mudahan, hal ini juga segera berlaku bagi kantor gue. Amiin...
Post a Comment