Saturday, August 30, 2008

Workshop SISNI @ Pitagiri

29 Agustus 2008,

Gue dapat tugas untuk memindahkan aplikasi SISNI agar bisa diakses secara offline. Mesin yang digunakan adalah PC HP dengan sistem operasi Ubuntu BlankOn. Aplikasi ini diciptakan oleh IPTEKnet. Sebelumnya aplikasi ini dihosting di mesin IPTEKnet sejak tahun 2004. Sejak tahun 2008, aplikasi ini dipindahkan ke mesin BSN. Aplikasi ini digunakan untuk jajak pendapat dan pemungutan suara atas Rancangan Standar Nasional Indonesia (RSNI). RSNI sendiri diterbitkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN). Nah, gue perlu memindahkan SISNI karena ada Workshop di hotel Pitagiri, Palmerah. Workshop tersebut mengenai Pelatihan SISNI untuk anggota Panitia Teknis bidang Perpustakaan.

Gue ngerjain pemindahan SISNI sejak dari tanggal 28 Agustus 2008. Sampe jam 17.00 gue ngerjainnya. Mulainya sih jam 15.00. Jam 17.00, sebenarnya pemindahan itu belum selesai. Gue pulang karena cuaca di luar kantor bukan main gelapnya! Mendung. Udah gelap kayak jam 19.00. Sampe rumah, gue kira-kiran jam 22.30. Itu pun masih kepikiran, kenapa pemindahan tersebut belum berhasil.

Dari sisi konfigurasi, semua sudah gue samakan dengan server aslinya. Database, sudah gue pindahkan sama persis dengan aslinya. Aplikasi SISNI, bisa tampil di mesin gue. Tapi kok masih nggak bisa login yah? Hmm... ada apa gerangan? Besok paginya gue datang jam 7.30 sampe kantor. Langsung telp Pak Budi dari IPTEKnet selaku developernya. Sebenarnya gue pernah dikasih tahu oleh dia caranya, dan berhasil [itulah sebabnya di mesin server BSN, SISNI bisa berjalan sempurna :D]. Ternyata benar. Dari 2 langkah penting yang pernah diberitahukan ke gue, 1 lagi gue lupa. Kali ini, biar nggak lupa, gue tulis aja di blog. Langkah tersebut adalah :

1. SISNI dibangun dengan MySQL v4. MySQL di server BSN sudah menggunakan versi 5. Ada perbedaan fungsi PASSWORD antara versi 4 dan 5. Solusinya adalah dengan mengonversi password di tabel user. Syntax yang digunakan adalah
UPDATE user_sni_login SET PASS=PASSWORD('Pengingat');

(Langkah yang ini gue kerjakan. Padahal sebenarnya nggak perlu, karena sudah gue konversikan sebelumnya. Ha..ha..)

2. Setting di file php.ini. Nah, langkah ini yang lupa gue kerjakan. Variabel register_global harus di set ON. Defaultnya adalah Off. Setelah ini gue kerjakan, semua berjalan lancar.

Akhirnya, jam 8.15 gue bisa menyelesaikan tugas gue. Meskipun, efeknya adalah kegiatan workshopnya jadi telat, karena nunggu gue. Sebenarnya, ada salah paham juga soal undangannya. Gue dapat undangan via email. Menurut email, memang tertulis undangan jam 8.30. Tapi gue masih nggak percaya. Masa sih acara dimulai jam 8.30? Biasanya kalo nggak jam 8.00 yaa jam 9.00. Gue tanya dengan salah satu panitianya, dia bilang, jam 8.30 itu untuk panitia. Kumpul disana. OK deh. Jadi gue beranggapan jam 9.00 mulai. Ternyata salah. Yang benar tetap 8.30. Karena gue baru berangkat jam 8.15, jadi acaranya baru mulai jam 9.00.

Jadi nggak enak juga gue dengan para pesertanya. Akibat salah paham, gue nggak menyelesaikan tugas gue sejak kemaren. Tapi sudahlah. Itu kan pengalaman. Yang penting acaranya sukses.
Post a Comment