Tuesday, September 09, 2008

Buka Puasa di Gereja

7 September 2008

Gue ga sengaja nonton berita di TV tentang judul diatas. Di TV One tepatnya. Beritanya jam 18.30. Disana ditayangkan sebuah gereja di Manahan, Solo mengadakan buka puasa bersama.

Tentunya, buka puasa itu ditujukan untuk umat muslim. Bukan umat kristiani. Muslim yang datang adalah muslim yang kurang mampu. Retno Wulandari, Pendeta di gereja tersebut mengatakan bahwa ini adalah cara untuk menghormati suasana keagamaan. Mungkin maksud dia adalah biar warga tetap rukun, apapun agamanya. Tradisi ini menurut dia sudah dilakukan turun temurun. Bukan main!

Ada juga pendapat yang menyatakan ini adalah misi menyebarkan agama kristen. Jangan lupa, yang hadir pada buka puasa di gereha tersebut, adalah orang muslim yang kurang mampu. Bisa aja muslim tersebut berpikir bahwa umat kristiani sangat welas asih terhadap sesama. Peduli pada sesama manusia yang bahkan bukan umatnya. Dan secara sadar, muslim (mungkin) tersebut akan pindah agama. Kristen memang selalu mengajarkan (dan menekankan) cinta kasih kepada sesama. Nggak pernah gue lihat di Indonesia, ada orang kristen yang minta sumbangan dijalan raya untuk membangun gereja. Tetangga gue dulu, hidup dari sumbangan yang diberikan oleh orang kristen. Dia nggak kerja. Suaminya stroke (sekarang suaminya sudah meninggal). Tapi dia bertahan hidup dari sumbangan orang-orang kristen lainnya. Bukan main! Kalo dia muslim, adakah muslim lain yang akan membantu dia?

Post a Comment