Monday, September 22, 2008

Life Begins at Forty

Life Begin at Forty. Hidup dimulai pada usia 40. Pepatah dari dunia barat ini, gue yakin udah sangat populer. Gue juga yakin, loe udah pernah denger pepatah ini.

Apa sih artinya pepatah ini? Yang gue denger, pada usia ini, loe sudah mencapai tingkat kematangan berpikir. Loe mulai hidup baru di usia ini. Bahkan, puber kedua dimulai pada usia ini :D Berikut ada kutipan dari Tanyasaja.detik.com

yah kalau diartikan...kan HIDUP ITU DIMULAI SAAT USIA 40..hidup disini berarti luas..dapat diartikan KESUKSESAN..nah suksesnya ini nggak harus dalam materi..bisa SPIRITUAL atau SOSIAL.
kenapa 40?? itu suatu angka usia yang mature dan memulai memanen hasil..kenapa nggak belasan..atau 20 tahunan..pernah denger DARAH MUDA..DARAH NYA PARA REMAJA..kata bang rhoma...cenderung masih EMOSIONAL dan mencari awal JATI DIRI...kenapa nggak usia 30?? biasanya baru MEMANTAPKAN JATI DIRI..MENGEJAR CITA2...
yah kan sekedar ungkapan..nggak harus tepat 40..buktinya orang terkaya didunia sekarang (sayang lupa namanya dan sdah bukan bill gates) itu umur 14 tahun kalau nggak salah dah punya perkebunan sendiri


Tapi gue kira, banyak orang yang tidak tahu kalo pepatah ini ada lanjutannya (paling tidak gue berpikir begitu :p)

Lanjutan dari pepatah ini adalah You're now Standing at Point of No Return. Apa maksudnya? Maksudnya adalah, banyak orang yang tidak sadar, bahwa pada umur 40 tahun, loe udah nggak bisa kembali lagi ke masa lalu. Artinya, loe harus udah merencanakan betul, pada usia 40 tahun loe mau ngapain. Loe udah sulit sekali (kalo nggak mau dibilang mustahil) untuk mengubah - katakanlah - pola pikir loe, pekerjaan loe, kebiasaan loe, watak loe, dll. Misalnya loe mau cari kerja baru, pada usia 40 tahun, loe nggak semudah itu untuk bisa pindah kerja. Pasti akan sulit sekali bersaing dengan mereka yang muda-muda. Mau mengubah kebiasaan loe? Waah....itu juga tidak mudah. Coba aja :D

Gue pikir-pikir, bener juga sih. Hidup itu hanya sekali, jadi memang sebaiknya direncanakan dengan baik. Ada contoh menarik tentang itu, meskipun mungkin tidak pada usia 40 tahun terjadinya. Gue tulis di tulisan berikutnya deh. Topiknya kira-kira adalah "Apa yang bisa dilakukan untuk menambah penghasilan pada saat pensiun." Cheers... :p

Post a Comment