Monday, October 13, 2008

Mail Server Update

Beberapa hari ini, mail server gue udah running well. Nggak ada masalah. Cuma perlu tambah fitur-fitur tertentu.

Gue pake Postfix, Squirrelmail. Terus gue coba install plugins change_sqlpass. Fungsi ini berguna agar user dapat mengganti passwordnya sendiri. Ternyata, udah 2 hari ini, ada error. Nggak bisa update password. Pesannya adalah "Couldn't connect to database". Hmm... ini kayaknya masalah gampang. Nyari di Google, ternyata benar. Ada kesalahan parameter di config.php-nya plugins tersebut.

Ini kutipannya :
Falko you're "the man"... you really are!!

Now the change_sqlpass works!!

The problem is that when I configured this plugin I didn't follow the instructions in the link you provided. To be more specific I had the very wrong values to $lookup_password_query, $password_update_queries, $password_encryption, $csp_salt_static, and $scp_salt_query variables.

I changed them accordingly to your suggest and... voila!! The plugin is working fine now.

Lalu setelah dibenerin, ternyata ada error lagi. Kali ini muncul pesan error :
PHP Fatal error: Call to undefined function: md5crypt() in /usr/local/www/squirrelmail/plugins/change_sqlpass/functions.php on line 668, referer: https://www.mydomain.com/smail/plugins/change_sqlpass/options.php

Hmm... kalo yang ini, gue nggak ada bayangan. Lalu, gue menjelajah lagi di Google.
Akhirnya ketemu juga masalahnya. Gue nemu solusinya disini. Solusinya adalah dengan mengganti fungsi MD5CRYPT dengan CRYPT. Berikut kutipannya :
Try replacing "md5crypt($password, $salt)" call in line 668 with "crypt($password, $salt)" call. Salt must be formated according to md5 crypt salting rules. http://www.php.net/crypt


Ini karena, plugins change_sqlpass menggunakan mysqlencrypt sebagai metode enkripsinya. Sedangkan Postfixadmin menggunakan fungsi MD5CRYPT. Jadi gue harus ganti parameter $password_encryption menjadi MD5CRYPT.

Lalu setelah file config disimpan, maka fungsi change_sqlpass berjalan dengan lancar.
Alhamdulillah...


Post a Comment