Friday, October 17, 2008

Membuat archive dengan TAR dan fungsi exclude

Hari ini gue dapat tugas untuk mengompress aplikasi SISNI menjadi 1 file. Tapi dengan syarat direktori upload yang isinya file-file PDF RSNI tidak disertakan. He..he.. gue nyengir aja dapat tugas itu. Gimana caranya?

Karena gue pake FreeBSD, ada aplikasi TAR yang bisa melakukan kompresi file. Canggih deh. Nah, setelah baca manual TAR-nya, ternyata ada fungsi exclude yang bisa "mengeluarkan" file/direktori/pola tertentu. Sehingga, mereka tidak akan diproses. Yang bingung, adalah gimana cara menggunakannya? Di manualnya tidak disediakan contoh.

Lalu, seperti kebanyakan orang, gue bertanya pada Mbah Google. Mbah Google menjawab dengan link ini. Gue coba. Dan gagal.
Setelah gue perhatikan baik-baik, ternyata ada kesalahan waktu gue ngetiknya.

Gue ngetik :
# tar --exclude=hasil_upload -cfzv /home/pungki/sisni17Okt2008.tar.gz /path/to/sisni


Yang benar :
# tar --exclude=hasil_upload -cvzf /home/pungki/sisni17Okt2008.tar.gz /usr/www/sisni/


Bukan main! Gue bener-bener harus teliti. Tapi, lega, karena permasalahan sudah selesai.
Post a Comment