Thursday, November 20, 2008

Mailgraph

Beberapa minggu yang lalu, sejak gue install mail server gue, nggak sengaja nemu Mailgraph. Sejak itu, gue tertarik untuk memasang itu sebagai alat monitoring email gue. Cara installnya gampang. Cukup dengan apt-get install mailgraph. Tapi setelah itu, gue belum tahu cara menjalankannya, sehingga mailgraph itu menganggur beberapa minggu tersebut :D

19 November 2008, saat gue ada di Bali, gue iseng-iseng buka internet di ruang sekretariat. Malem-malem saat para peserta sudah tidak ada. Terlintas bagaimana cara menjalankan Mailgraph.

So, gue hunting di Google. Setelah 30 menit mencari-cari, dapatlah alamat ini. Sebenarnya alamat ini sudah lama gue temukan. Jadi ini penemuan yang kedua. Dan pada penemuan yang kedua ini, gue tetap tidak mengerti. Terutama bagian ini :

Now we must copy the mailgraph.cgi script (which draws the graphs and creates the output for our web browsers) to the cgi-bin directory of our www.example.com web site:


Root directory gue adalah squirrelmail dan tidak ada folder cgi-bin disana. Hmm....lalu gue coba-coba membuat folder cgi-bin di bawah direktori rootnya. Lalu gue coba akses dengan alamat http://www.domainname.com/cgi-bin/mailgraph.cgi . Ternyata gagal! :( Lalu http://Your_ip_address/cgi-bin/mailgraph.cgi. Dan tetap gagal!

Apa yang salah? Kalo gue akses http://localhost/cgi-bin/mailgraph.cgi, berhasil. Tambah 30 menit lagi untuk ngoprek. Akhirnya, Alhamdulillah, muncul ide untuk menyalin script dibawah ini ke /etc/squirrelmail/apache.conf.

ScriptAlias /cgi-bin/ /usr/lib/cgi-bin/

AllowOverride None
Options +ExecCGI -MultiViews +SymLinksIfOwnerMatch
Order allow,deny
Allow from all


Script diatas diambil dari /etc/apache2/sites-enabled/000-default. It's Ubuntu based.

Setelah itu, restart Apachenya dan voila.... It's Works!! Contoh hasilnya bisa dilihat disini.
Post a Comment