Monday, November 10, 2008

Install ATI Radeon X1300/X1550 Ubuntu 8.10

Dari tanggal 31 Oktober 2008, gue coba install Ubuntu 8.10. Tapi ada sedikit masalah kecil. Totem, nggak bisa muter file *.avi. Wah, ini kacau. Nggak ada pesan apa-apa. Lalu saya coba cari solusinya di Google. Waktu saya pakai 8.04, gue harus mengaktifkan linux-restricted-driver untuk ATI Radeon. Di 8.10, waktu gue coba, ternyata gagal.

Lalu, gue nyari lagi di Google. Masa nggak bisa muter film? Lalu gue dapat solusinya Ubuntu Hardy Installation Guide. Lalu gue coba download filenya. 48 Mb. Gue coba ekstrak, dan ikuti langkah-langkahnya, tetap gagal. Ada pesan bahwa drivernya tidak cocok (not compatible).

Lalu gue coba lagi. Kali ini gue baca dari langkah pertama. Ternyata berhasil. Gue nggak perlu melakukan Method 2 (Manual Install). He..he.. ternyata, membaca itu harus dari pertama. Jangan lompat-lompat (kecuali loe yakin dengan yang loe kerjakan). Jadi, sekarang Ubuntu gue bisa muter file *.avi



Post a Comment