Monday, November 10, 2008

Install Spamassassin @ Ubuntu 8.04 Server

Udah 1 bulan lebih, gue ngoprek integrasi Spamassassin, ClamAV dan Amavis di Posfix. Tapi gagal. Entah gimana, gue nggak dapat referensi yang tepat. Rata-rata, instalasinya berada pada distro yang bukan Debian based. Seringnya dokumentasi yang install from scratch atau RedHat based.

Gue udah ngikutin banyak link untuk perbaiki itu, tapi nggak berhasil. Bahkan setelah mengikuti link ini. Hari ini gue punya kesempatan sebentar untuk review instalasinya. Jenuh dengan kerjaan administrasi yang ada di kantor gue. Kerjaan IT gue malah tertinggal :(

Well, setelah diperhatikan lagi, ternyata ada kesalahan ketik. Gue harusnya ngetik content_filter di file main.cf. Tapi malah tertulis content-filter. Fatal akibatnya :D

Dan ada lagi, di file master.cf, harusnya gue ngetik smtp-amavis, tapi gue malah nulis amavis (tanpa smtp). So, ini menyebabkan konfigurasi yang gue set, tidak bisa dijalankan oleh postfix.

Sekarang udah jalan. Amavis dan spamassassin udah jalan. ClamAV belum. Phiuhh....
Besok aja deh. Need to refresh my Brain... :D



Post a Comment