Thursday, February 26, 2009

MySQL Backup

2 hari yang lalu, kami kehilangan database yang penting di server kantor. Data dalam database tersebut tiba-tiba menjadi data sebulan yang lalu. Waduh, gimana cara restore datanya?

Kami punya backup untuk database MySQL. Tapi belum otomatis. Backup terakhir yang kami punya adalah tanggal 14 Januari 2009. Oops,... itu udah sebulan yang lalu. Gimana caranya? Sampai artikel ini dibuat, kami masih cara untuk mengembalikan datanya :((

Pada saat yang sama, gue harus cari cara supaya kejadian ini tidak terulang. OK. Gue dapat aplikasi Automysqlbackup. Aplikasi ini sudah gue pasang di server gue. Kalo ini gagal? Ternyata dari MySQL sendiri dia memiliki aplikasi mysqlbinlog yang digunakan untuk membuat backup dalam bentuk binary-log.

Secara default, mysql tidak mengaktifkan parameter --log-bin. Jadi gue harus aktifkan sendiri. Server gue pakai FreeBSD. Jadi, gue edit file
/usr/local/etc/rc.d/mysql-server
.
Di bagian command-args ditambahkan menjadi :
command_args="--defaults-extra-file=${mysql_dbdir}/my.cnf --user=${mysql_user} --datadir=${mysql_dbdir} --log-bin=sisni --pid-file=${pidfile} ${mysql_args} >
/dev/null &"


Lalu, restart server MySQL. Done!


Post a Comment