Friday, March 13, 2009

LG1742S

Kemaren, gue mengembalikan monitor komputer gue ke 15" dari sebelumnya 17". Sedang ada audit :p
Jadi, untuk menghindari masalah, kembalikan saja dulu. Ubuntu 8.10 gue sebelumnya di set dengan resolusi 1280x1024 dengan monitor LG Flatron L1742S. Sesaat sebelum dikembalikan, gue set dengan resolusi 800x600 supaya bisa masuk di Lenovo 15".

Setelah selesai audit (paling tidak audit bagian gue), gue tukar lagi dengan yang 17". Tapi lalu malah tidak bisa kembali ke resolusi 1280x1024. Di layar login muncul pesan "Out of Frequency 74,9 kHz / 60 Hz". Tapi gue bisa masuk X. Jadi kalo login, sama aja gue tutup mata :D Ini gimana cara balikinnya?

Lalu gue sowan sama Mbah Google. Ketemulah alamat HOWTO: change resolution/refresh rate in Xorg , X/Config/Resolution dan Modeline Tool. Untuk spesifikasi monitor, gue lihat dari All-Monitors.com.

Ikutin aja petunjuk dari sana, loe pasti bisa. Memang sedikit lebih rumit, tapi setelah dijalankan, yaa....masih rumit juga sih :D Tapi puas. Berhasil dengan sukses (mudah-mudahan audit gue juga begitu kali ini)



Post a Comment