Sunday, March 01, 2009

Toleransi orang Indonesia

26 Februari 2009 gue naik kereta Ciujung untuk pulang ke rumah. Kereta memang transportasi masal yang menyenangkan. Tapi penumpang kereta Indonesia kadang tidak menyenangkan.

Bayangkan! Gue naik kereta Ciujung ini saat pulang kantor. Jam 17.15. Jam segitu biasanya kereta penuh. Gue juga ga berharap dapat duduk. Tapi apa yang terjadi? Saat gue naik ada penumpang yang duduk selonjor laki dengan enaknya dekat pintu masuk kereta. Gue ga tahu apa alasannya. , tapi itu mengganggu penumpang lain. Mereka juga seakan tidak peduli dengan penumpang lain. Mereka ngobrol dengan enaknya ratu sama lain. Cuek aja gitu. Herannya, penumpang lain tidak ada yang menegur. Gue yakin, penumpang lain juga merasa terganggu. Kalo di luar negeri, ceritanya pasti berbeda. Sesuatu yang tidak sesuai peraturan atau mengganggu kepentingan umum pasti akan ditegur.

Toleransi orang Indonesia memang hebat. Entah, karena ga mau cari masalah, menghormati penumpang lain atau ga peduli dengan keadaan itu. Tapi sekali toleransi orang Indonesia memang hebat.

Post a Comment