Tuesday, April 07, 2009

Ralat : Fring [sudah] bisa kayak pidgin-facebookchat

Beberapa hari yang lalu, gue lihat temen gue online menggunakan Fring. Gue penasaran juga. Karena, kalo online, gue biasanya pake YMTiny. Ada juga sih eBuddy. Tapi menurut gue lebih rumit dari YMTiny karena gue harus daftar punya login eBuddy dulu sebelum bisa menggunakan fitur eBuddy.

Nah, setelah gue install, ternyata fring juga mirip dengan eBuddy. Gue harus punya login fring dulu. Fring juga bisa terhubung dengan beberapa protocol chat. Gue baru coba protocol Yahoo. Tampilannya menurut gue masih nyaman YMTiny :D

Lalu, secara tidak sengaja, gue lihat ada icon Facebook, di fring. Gue kira, fring bisa chat dengan pengguna Facebook. Gue jadi tertarik lagi karena di pidgin, gue bisa melakukan itu dengan plugin pidgin-facebookchat. Pertama gue kesulitan untuk mengaktifkan plugin Facebook. Ternyata plugin tersebut ada di menu Manage-Addons. Tapi menggunakan Fring, mahal sekali kalo pake HSDPA atau 3G yang tidak unlimited seperti Blackberry. Menggunakan Telkomsel dan Indosat, harga per kb-nya adalah Rp 5/kb. Nah, gue login, 10 menit, lihat-lihat menu aja, belum chat, sudah 80 kb. Artinya, sudah 400 rupiah. Wuih, nggak jadi deh. Dibandingkan dengan YMTiny, 110-12 jam, full chatting, gue hanya 70 kb atau cuma 350 rupiah. Akhirnya, fring nggak gue pakai lagi.

Oh iya, gue lihat di blog Fring, (ini ga ada hubungannya dengan Fring itu sendiri :p), ternyata Indonesia masih menjadi negara kaya. Buktinya, 10 pembeli Nokia E75 pertama di dunia, ada di Indonesia. Salut! :))



Post a Comment