Thursday, April 23, 2009

Pidgin @ Ubuntu

Pidgin saat ini menjadi default Instant Messenger di Ubuntu gue. Setelah menemukan pidgin-facebookchat, gue semakin yakin kalo pidgin adalah instant messenger yang berkualitas.

Masalahnya adalah, beberapa kali gue update ubuntu, pidgin tidak pernah diupdate. Kayaknya dia tidak termasuk dalam repositori ubuntu. Lihat dari getdeb, gue pengen juga punya pidgin versi baru. Soalnya, gue nggak tahu kenapa, setelah install plugin pidgin-facebookchat, kadang-kadang pidgin gue suka mati tanpa sebab.

Sempat terpikir juga untuk download dari getdeb, dan install langsung. Tapi nanti mungkin akan menambah kerjaan gue dikemudian hari karena harus memantau perkembangan pidgin. Iseng, gue buka situs pidgin, untuk cari solusinya. Ternyata di halaman ini ada solusinya.

Dia mengatakan
Ubuntu ships Pidgin but does not update it after a release (except for security issues). For those users who desire new releases of Pidgin, we have packaged Pidgin in a PPA. If you encounter problems with these packages, try building from source and report the bug.

To setup the PPA, copy-and-paste these commands into a terminal:
sudo apt-key adv --recv-keys --keyserver keyserver.ubuntu.com \
67265eb522bdd6b1c69e66ed7fb8bee0a1f196a8
. /etc/lsb-release
echo deb http://ppa.launchpad.net/pidgin-developers/ppa/ubuntu \
$DISTRIB_CODENAME main | \
sudo tee /etc/apt/sources.list.d/pidgin-ppa.list

Once this PPA is setup, Pidgin updates will show up in Update Manager along with the usual Ubuntu updates. The PPA will need to be re-setup only after upgrading Ubuntu.


So, gue tinggal ikutin aja. Jangan lupa, tanda \ berarti perintah dibawahnya digabung. Jadinya perintahnya seperti ini

1. sudo apt-key adv --recv-keys --keyserver keyserver.ubuntu.com 67265eb522bdd6b1c69e66ed7fb8bee0a1f196a8)

2. . /etc/lsb-release

3. echo deb http://ppa.launchpad.net/pidgin-developers/ppa/ubuntu $DISTRIB_CODENAME main | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/pidgin-ppa.list

Dan setelah perintah itu selesai dijalankan, tanpa harus restart, pada cek update berikutnya oleh Ubuntu, pidgin akan dimasukkan kedalam software yang dapat diupdate. Kalo ga sabar, bisa juga pake perintah :

sudo apt-get update


Selamat mencoba!

Post a Comment