Wednesday, May 06, 2009

Upgrade Ubuntu 9.04


2 hari yang lalu, gue coba ugrade Ubuntu gue dari 8.10 ke 9.04. Awalnya gue ga tahu versi 9.04 udah muncul. Tapi kemudian tahu karena informasi itu ada di Manajer Pemutakhiran.

Gue cek di situs Ubuntu, memang sudah terbit versi 9.04
Menarik juga. Tanpa pikir panjang, gue segera upgrade. Gue harus mendownload kira-kira beberapa ratus MB. Lama. Karena itu gue tinggal pulang.

Besoknya, gue datang, ternyata ada masalah. Driver Video Graifs ATI yang menggunakan fglrx, ternyata tidak berjalan sempurna di Ubuntu 9.04. Efeknya adalah komputer jadi hang. Well, jadi gue harus menyelesaikan masalah ini segera karena komputer gue jadi tidak bisa masuk X. Gue udah coba cara ini, tapi ternyata gagal. Akhirnya, setelah 4 jam berkutat nyari di internet, gue putuskan untuk menghapus driver fglrx beserta file-file terkait lainnya dari sistem gue.

Nggak disangka, setelah driver fglrx dihapus, malah Ubuntu bisa masuk X. Hmm... karena semua berjalan lancar, gue nggak cek lagi konfirgurasi sekarang. Nanti gue cek deh. Yang penting, gue tahu penyebabnya. Kalo loe punya VGA berbasis ATI/AMD, jangan dulu pakai Ubuntu 9.04 menggunakan fglrx. Drivernya ga stabil.
Post a Comment