Tuesday, June 30, 2009

Proftpd Ubuntu 9.04 tidak bisa login

Kemarin, gue dapat permintaan untuk memperbaiki konfigurasi komputer OPAC (Online Public Access Catalog) di perpustakaan kantor gue. Disana, mau dibuat ftp server, agar bisa upload file-file oleh administrator komputer tersebut.

Nah, pake Ubuntu 9.04, ternyata setting Proftpd-nya ada yang berbeda. Gue selalu mendapatkan error

ftp localhost
Connected to localhost.
220 You're at home
Name (localhost:root): userftp
331 Password required for userftp.
Password:
530 Login incorrect.
Login failed.

Remote system type is UNIX.
Using binary mode to transfer files.
ftp>


Ada apa gerangan? Ternyata, kesalahannya adalah karena gue kurang membaca dengan teliti :D
Pada file proftpd.conf, ada parameter :

#VALID LOGINS

AllowGroup userftp



Nah, user gue ternyata belum masuk ke dalam kelompok tersebut. Tentu saja muncul pesan error :D Setelah user gue dimasukkan, masalahnya selesai.

Sekedar untuk catatan, pada Ubuntu 8.10, nggak ada setting itu. Jadi gue ga tahu ada tambahan keamanan. Tapi dengan adanya kejadian ini, gue jadi punya pengalaman lagi.


Ini referensinya :

Linux Questions

Post a Comment