Tuesday, August 25, 2009

Install Printer di Windows XP sebagai Guest OS melalui Virtualbox

Sudah lama sekali saya tidak online lagi. Akhirnya, saya punya kesempatan untuk nulis blog lagi :)


Disini, saya install virtualbox, software virtualisasi yang cukup populer. Saya pakai Ubuntu 9.04 sebagai host, dan Windows XP sebagai guest. Lho, kenapa masih pakai Windows? Karena, rekan-rekan saya menggunakan Microsoft Office :p. Sebenarnya, format doc, xls, ppt, bisa dibuka di Open Office. Tapi kadang-kadang tidak sempurna dalam menampilkan layout dan font. Jadi, saya tetap menggunakan Windows menginstall Microsoft Office.

Nah, setelah bisa mengetik dengan MS Office, saya terbentur dengan masalah printer. Kalo habis ngetik, kan besar sekali peluang untuk mencetaknya. Masa, saya nggak bisa mencetak? Virtualisasi aja bisa :D. Jadi saya cari solusinya. Kebetulan, printer yang digunakan adalah printer HP P3005 sebagai network-printer. Jadi saya kira, harusnya mudah. Ternyata nggak mudah :( . Pertama, si printer tidak dikenali di Windows. Nggak ada drivernya di koleksi driver printer yang disediakan Windows. So, saya harus download lagi. Tapi itu mudah diselesaikan. Done!

Lalu, yang kedua adalah, Windows, dengan virtualisasinya menggunakan NAT agar bisa terkoneksi ke jaringan lokal. Jadi kalo sekedar Start -> Control Panel -> Printer and Faxes -> Add Printer -> Network Printer, nggak bisa jalan. Langkah paling cepat adalah mengunjungi Google :D. Lalu saya dapat solusinya.

Hey I worked on this for 3 days and the solution was SIMPLE and works with NAT

Have this working with an HP 2840 Network printer connected directly to the network.

SOLUTION:

Install your printer drivers from CD or website first, then:

Start ->
Ctl Panel ->
Printers and Faxes ->
Add a Printer ->
Next ->
LOCAL Printer attached to this computer ->
Create a new port: Type of port: Standard TCP/IP Port (once setup, you can simply "Use the following port" if you delete and readd printer) ->
Foillow Add TCP/IP wisard (note only enter number "192.168.1.27" not "http://192.168.1.27" etc..,)
Rest is pretty straight forward.
Works like a charm!

Most important part, do not add as a network printer. This sounds counter intutiive, but i think the reason it does not work is that it listens for broadcasts but is on different network so will never hear broadcasts. NAT works fine if your port setup requests printer info and initiates communication with printer then NAT can route responses back from the printer, they are accepted because they have been requested and printing works perfectly.


Ternyata mudah. Cuma, memang saya harus download drivernya dulu, dan mengarahkan si Windows untuk mencari driver di tempat saya menyimpan driver hasil download tadi. Tapi, paling tidak berhasil!
Post a Comment