Wednesday, September 09, 2009

Connect SSH via Proxy

Tulisan ini awalnya bermula dari keinginan gue untuk bisa konek ssh via proxy. Selama ini, gue harus punya IP Public untuk bisa SSH. Atau, gue pake modem 3G. Masa sih nggak bisa di tunnel? Lalu gue berpikir, harusnya ada cara untuk bisa connect ssh via web. Ternyata memang ada. Loe bisa lihat disini.

Dan, untuk bisa menjalankan itu, perlu Java. Kebetulan gue pakai FireFox. Pertama, loe harus download Java JRE. Paketnya bisa download dari situs Java. Tapi karena gue pakai Ubuntu, gue tinggal pake Synaptic dan pilih sun-java6-jre.

Langkah berikutnya adalah memastikan Java sudah bisa jalan di FireFox. Panduan bisa lihat Using the Java Plugin with FireFox.
Untuk menguji, bisa cek dialamat JavaTester. Sudah berhasil? Download MindTerm untuk Linux di SoftPedia.

OK, sudah berhasil? Kalo sudah, mari kita coba.

File yang di download adalah file mindterm312.jar. Berikut langkah-langkahnya kalo di Ubuntu.

1. Klik kanan file mindterm312.jar
2. Pilih Open With "Sun Java 6 Runtime"
3. Lalu, untuk connect via proxy, pilih Setting -> New Server
4. Isi baris Server di tab General.
5. Lalu isi Username.
6. Authentication dibiarkan pada Custom List.
7. Pilih Tab Proxy.
8. Pilih Proxy Type. Saya pakai HTTP.
9. Isi Server dan Port.
10. Lainnya, dibiarkan pada kondisi default.
11. Lalu klik Connect.

Jika berhasil, maka Anda akan bisa melakukan SSH via proxy.
Meskipun saya belum bisa melakukan via web (FireFox), paling tidak, ini sudah mewakili kebutuhan saya.

Selamat mencoba!

Post a Comment