Monday, September 14, 2009

Menimpa (Overrides) alamat DNS

Hari ini gue baru tahu, kalo di laptop ubuntu gue, setting DNS selalu ditimpa oleh Network Manager-nya. Udah gue ubah di /etc/resolv.conf, tetap saja, pada saat koneksi wireless restart, setting DNS kembali tertimpa oleh si Network Manager.

Seperti biasa, gue cari solusinya di Google. Lalu gue dapat alamat How do I Overrides DNS Addressess.

Intinya adalah, aktifkan paramater supersede dan prepend pada file /etc/dhcp/dhclient.conf.

Jadinya seperti berikut :

request subnet-mask, broadcast-address, time-offset, routers,
domain-name, domain-name-servers, host-name,
netbios-name-servers, netbios-scope;
supersede domain-name-servers example.com;
prepend domain-name-servers 1.2.3.4;


Setelah itu, jangan lupa restart koneksi jaringan Anda.
Post a Comment