Monday, October 19, 2009

Install Sun Report Builder OpenOffice 3.0 / 3.1 @ Ubuntu 9.04

Gue lagi ada tugas untuk membuat report dari aplikasi GLPI. Aplikasi ini, menggunakan database MySQL. Sebenarnya, GPLI menyediakan fungsi Reporting juga, tapi bos gue minta agar laporannya, bisa dimodifikasi. Well, gue jadi berpikir. Ada 2 pilihan kalau begitu.

1. Modifikasi source GLPI, sehingga bisa custom reporting.
2. Gunakan aplikasi lain, yang bisa connect ke database GLPI, ambil tabel-tabelnya dan buat laporan dari sana.

Gue pilih opsi kedua.

Aplikasi lain yang gue pakai untuk connect ke MySQL adalah OpenOffice. Tepatnya OpenOffice Base (mirip dengan MS Access dari sisi kemudahan development). OpenOffice Base (selanjutnya disebut ooBase), sebenarnya memiliki fungsi reporting juga. Tapi, tidak bisa dimodifikasi. Wizardnya sudah baku. Karena keperluan tugas gue, gue harus bisa modifikasi Wizardnya. So, gue browsing di Google (seperti biasa. Entah bagaimana dunia tanpa Google :p)

Lalu gue dapat extension (semacam plugin), Sun Report Builder (SRB). Dengan gembira, gue coba install plugin itu. Sebab, kalo lihat di Wiki-nya, SRB keren banget.

OK. Saya mulai install. Dan oops....ternyata gagal. Harus menggunakan OpenOffice 3.1. Di laptop saya, terinstall versi 3.0. Hmm... harus upgrade. Tapi, apt-get Ubuntu, OpenOffice tidak ada updatenya lagi. Lalu saya menemukan alamat How to Install OpenOffice.org 3.1 on Ubuntu 9.04. Saya ikuti petunjuknya, dan berhasil.

Lalu saya coba mulai install lagi SRB-nya. Masih gagal. Jika saya aktifkan SRB, saya malah tidak bisa membuat report sama sekali. Pakai fungsi reporting asli dari ooBase, malah muncul pesan error "No valid report template available". Waks.... kenapa ini?

Maka, saya berkelana lagi selama 1 jam di dunia maya, sampai akhirnya, Alhamdulillah, menemukan solusinya. Ternyata, pesan kesalahan itu muncul karena saya menginstallnya secara manual melalui Sun Report Builder (SRB). Agar bisa berjalan, instalasi SRB-nya harus melalui apt-get / Synaptic. Hal ini karena banyak ketergantungan (dependencies) yang tidak ikut terinstall, jika melakukan instalasi secara manual. Dengan hati berharap, saya coba install melalui apt-get. Dan berhasil!!!

Fungsi SRB bisa muncul (meskipun saat artikel ini ditulis, saya belum mencoba explorasi lebih jauh :p). Jadi untuk sementara ini, saya punya peluang untuk membuat report yang custom made untuk keperluan tugas saya tadi :D


Post a Comment