Tuesday, October 27, 2009

Remote Desktop

Ada rekan yang tanya bagaimana caranya melakukan remote desktop ke mesin Windows di openSuSE. Hmm.. di Ubuntu gue, hal itu dengan mudah bisa dilakukan dengan Terminal Server Client (tsclient).




Tapi di openSuSE ternyata tidak secara default terinstall. OK. Kalo gitu, langkah pertama, saya minta rekan saya untuk install Terminal Server Client via Yast. Begitu sudah selesai, lalu dia mengakses tsclient.

Tapi saat Add Connection, tidak ada pilihan untuk Windows Terminal Service. Yang ada hanya VNC, XDMCMP dan beberapa protokol lain. Apa yang salah nih? OK. Gue bandingkan di Ubuntu gue, ada aplikasi rdesktop. Dia rekan gue, nggak ada. Lalu gue browsing di internet, dan dapatlah alamat rdesktop.org.
Ternyata, RDesktop itu, gue lihat dari judulnya, adalah aplikasi sekaligus protokol untuk mengakses Windows Terminal Service. Dan tsclient adalah GUI (Graphical User Interface) untuk rdesktop.

Segera, setelah aplikasi/protokol rdesktop di install, maka si tsclient menampilkan pilihan Windows Terminal Service. Kali ini, remote desktop ke mesin Windows, dapat dilakukan :)



Post a Comment