Wednesday, December 09, 2009

Joomla ga bisa install Sampe Data

Udah lama gue ga mainan Joomla lagi. 3 hari terakhir, gue coba install Joomla lagi. Gue pakai Joomla 1.5.14. Tapi gue menemukan kendala. Saat instalasi, gue mendapatkan pesan error :
Error: the XML response that was returned from the server is invalid.

Aneh sekali. Kok tidak mudah yah instalasinya? Padahal sering sekali saya mendengar, kalo Joomla itu adalah CMS yang paling mudah. Saya sendiri biasanya pakai CMS e107. Tapi, sampai saat ini, di e107 rasanya belum ada plugins eCommerce yang mantap. Kalo di Joomla, ada VirtueMart.

OK. Kembali ke permasalahannya, untuk mencari solusinya, langkah pertama yang saya lakukan adalah silaturahmi ke Google :p Setelah muter-muter di Google, saya mendapatkan referensi ini.

Awalnya, saya tidak mengerti dengan link ini. Bagian mana yang jadi solusinya? Jadi saya cari lagi ke Google. Setelah lelah, saya kembali lagi ke halaman ini. Lalu saya baca perlahan dan baris demi baris. Ternyata tidak sia-sia. Saya menemukan solusinya :D
What you should do is simply ignore the warning regarding configuration.php during the web based installation. Do not do this: mv configuration.php-dist configuration.php

After the installation is completed, you just copy the contents of configuration.php which is displayed on the last page of the installation process and then create/paste into configuration.php. It's not necessary to chmod configuration.php

Setelah saya ikuti, ternyata benar. Instalasi jadi lancar, install Sample Data jadi bisa. Herannya, trik ini tidak ada di file instalasinya, Readme, atau dokumen lain. Mudah-mudahan, tulisan ini juga dapat membantu rekan-rekan yang mengalami masalah yang sama.

Keep blogging! :)
Post a Comment