Thursday, January 07, 2010

Chat,FB, dan Email @ Nexian G900

Review ini mungkin terlambat, tapi gue baru coba sekarang :D Jadi baru bisa ngasih review-an. Begini ceritanya.

Hari ini gue dapat pinjaman HP Nexian G900. Hp ini disebut-sebut sebagai Blackberry murah dari Cina. Mungkin ada benernya juga. Sebab, desainnya mirip dengan Blackberry Javelin yang terkenal itu.
Secara desain, tampilannya memang menarik. Keyboard QWERTY tidak kalah dengan desain ponsel yang ada dipasar saat ini. Ditambah dengan case Blackberry, semakin miriplah dengan Blackberry :p


Tapi gue tertarik dengan Java-nya, Facebook dan dukungan emailnya. Untuk chat, Nexian G900 sudah built-in ebuddy 1.1.0 yang sayang sekali tidak bisa di-update :(
Karena ga bisa diupdate, gue coba cari / install instant messenger yang lain. Lalu gue dapat Nefanasa. Tapi tetap tidak bisa connect. Pesannya adalah :
01/07/2009 10:40:06, error, Host scs.msg.yahoo.com:5050 not found TCP open.
 Hmm.... sudah coba beberapa kali, termasuk mengganti scs.msg.yahoo.com --> cn.scs.msg.yahoo.com , tetapi tidak berhasil.
Lalu coba lagi menggunakan mig33. Install, tetap tidak berhasil :((
Kalo melihat dari kaskus, katanya kalo pake Indosat, koneksi ke server Yahoo dibatasi. Tapi gue kan coba pake XL. Jadi harusnya nggak ngaruh? Atau jangan-jangan sama aja? :-/

Tampilan Facebook-nya (FB) benar-benar membawa saya ke jaman tahun 1980-an. Dimana tampilan masih text-based. Untuk ga hitam putih kayak Console yang saya pakai :p Saya cuma bisa "beraksi" di bagian Comment saja. Sisanya, butuh effort tambahan :p

Lalu Email, saya coba setting email kantor, tapi tidak berhasil. Ternyata ini disebabkan kantor saya, POP3-nya menggunakan SSL sebagai metode otentifikasinya. Dan sejauh yang saya dapat di Google, saya cuma menemukan bahwa saat ini email yang berhasil di setting di Nexian G900 adalah email Yahoo.

Lalu untuk Java, susahnya adalah saat ingin install aplikasi kayak ebuddy, situs ebuddy-nya tanya, merk HP dan model-nya. Lha? Nexian kan kagak ada di daftar mereka? :D Mau cari padanannya, juga nggak ngerti harus pilih yang mana.

Kesimpulan saya, buat mereka yang pengen merasakan keyboard QWERTY, sedikit gaya, ponsel ini cocok. Tapi kalo buat yang seneng ngoprek, paling tidak install / uninstall software, mending jangan. Nanti kecewa, karena tidak seperti yang diharapkan.
Post a Comment