Monday, January 04, 2010

VOIP @ Ubuntu

Karena tuntutan pekerjaan, gue harus punya telpon sendiri nih. Di meja kerja, sebenarnya ada telpon juga, cuma akhir-akhir ini, dengan beban kerja semakin besar, maka perlu ada tambahan telpon.
Beberapa rekan kerja yang menggunakan Windows, sudah bisa menelpon via internet menggunakan X-Lite. Di Linux juga ada X-Lite. Tapi entah kenapa, di Ubuntu ga bisa jalan. Rekan gue yang pakai OpenSuse 11, bisa menggunakan X-Lite meskipun harus menginstall library-nya terlebih dahulu.

Halah... gue pas lagi males untuk ngoprek, karena kepentingan yang mendesak. So, gue coba pake LinPhone. Aplikasinya menarik. Gue langsung bisa melakukan telpon via internet. Instalasi-nya juga mudah, cukup apt-get dari Ubuntu, atau dari Synaptic. Kekurangannya menurut gue cuma 1, yaitu tidak ada PhoneBook.

Lalu gue pindah ke aplikasi ke-2. Twinkle. Aplikasi ini baik. Sekarang ada PhoneBook-nya, meski pun tidak seperti harapan gue :D. Informasi lebih lengkap, bisa cari di voip-info.org

Selamat mencoba! :)
Post a Comment