Friday, July 30, 2010

Google Moodle SSO

Gue dapat tugas ini sebenarnya sudah lama. Dari April 2010. Tapi baru beberapa hari belakangan ini saya gue berhasil menerapkannya.

Setelah nyari di mbah Google, gue menemukan alamat yang bisa jadi panduan. http://learningischange.com/2009/02/25/the-killer-app-google-apps-and-moodle-integration/

Ini beberapa kendala yang gue alami, tapi Alhamdulillah terselesaikan.


  • Step 4 : rsaprivkey.pem dan rsacert.pem hanyalah contoh penamaan. Nggak harus namanya itu. Tapi gue terlanjur pakai nama itu. Padahal, tadinya mau pake googlemoodleprivkey.pem dan googlemoodlecert.pem :D
  • Step 7 : Untuk bisa masuk ke User Settings, ternyata menunya ada di Domain Settings --> User Settings
  • Pada google4.zip, fungsinya sudah di-upgrade. Jadi lebih baik pakai ini. Link learningischange diatas masih menggunakan source google.zip
  • Google Moodle masih merupakan beta-protoype. Jadi pada google4 pun masih ga jalan widgetnya.
  • Daaan.... Moodle 2.0 mungkin akan keluar dalam tahun 2010 ini. Google-Moodle pun harus di-rewrite ulang biar bisa kompatible. Sedangkan Moodle 2.0 akan banyak perubahan mayor. Mudah-mudahan Google-Moodle-nya segera di-rewrite ulang.
Segitu dulu laporannya.

Bubye :D
Post a Comment