Friday, January 28, 2011

Sesuatu yang berbeda

Ini saya kutip dari Milis. Selamat menikmati :)

*BERBEDA..seperti Bu Gito Si Penjual Sayur yang Aneh itu !!
*by Made Teddy Artiana

(sementara lagu 'Forever Now', Level 42 yang dahsyat itu mengalun
menemaniku)

Artikel kali ini adalah tentang Bu Gito (bukan nama sebenarnya)..dia penjual
sayur dikomplekku. Tapi tunggu..jika yang ada dipikiran kalian adalah
mbok-mbok penjual sayur..sepertinya kalian salah besar. Bu Gito, jauh dari
streotype seorang mbok-mbok penjual sayur. Dia jelas-jelas berbeda.
Berdagang sayuran, buah, cabe, areng, jengkol, minyak tanah dan sebagainya
dilantai bawah rumahnya yang bertingkat tiga itu. Perhatikan gelang dan
cincin yang melingkar berkilat-kilat ditangan keriputnya
itu...fuiiiih..melihatnya saja sudah terasa meelahkan buat jari jemariku. Bu
Gito adalah superstar. Buah bibir seluruh ibu-ibu komplek. Jika artis baru
akan digosipin jika mereka berfoto telanjang di internet, tidak demikian
dengan Bu Gito. Hampir setiap hari ibu-ibu komplek menggossipkan dirinya.
Tanpa henti. Setiap hari selalu saja ada yang ngedumel dan memujinya.

Bicara tentangnya selalu melibatkan dua hal : benci tapi rindu. Ini
berkaitan erat dengan tingkah lakunya yang memang aneh dan sangat berbeda
dari pedagang sayur biasa. Jika lumrahnya pedagang sayur bangun subuh..lalu
membuka lapaknya pagi hari..tidak demikian dengan pedagang yang satu ini.
Hampir setiap hari Ia bangun siang..namun juga hampir selalu berwajah
mengantuk...dan selalu ketiduran di antara dagangannya ketika siang
menjelang sore. Kadang terlentang..kadang tengkurap beralaskan koran-koran,
gaya tidurnya.. persis Tono, hansip komplek kami, yang bertugas jaga
malam...satu tangan menutupi wajah..tangan lain berada diatas perut.

Satu hal yang 'mati--matian' dikutiki ibu-ibu komplek : keleletannya dalam
melayani customer. Jika penjual sayur lain tampak gesit bak kijang di savana
Afrika..yang meloncat kekiri dan kekanan..berkelebat kesana kemari..maka
gerakan Si Ibu dapat disamakan dengan... Kuda Nil. Laaaambaaaaaat
buaaangeeeeetttt..dan cenderung diam...zzzzz...tertidur !!

Akan tetapi....
yang membuat ia begitu dirindukan adalah kelengkapan dagangannya..sejauh yg
kuketahui..belum pernah seorangpun tetangga, pembantu rumah tangga, atau
istriku mengeluh bahwa sesuatu yang mereka cari, tidak ada ditempat Bu Gito.
Asal itu berhubungan dengan sayuran, terasi, keluwek, jengkol, bumbu dapur
dan sebangsanya...pasti mereka berkumpul di sana..dilapak mewah Bu Gito.

Kalian boleh percaya atau tidak...ujung-ujungnya tempat Bu Gito adalah
markas berkumpulnya ibu-ibu komplek..yang karena kelamaan menunggu..akhirnya
ngobrol dengan sesama..berbicara apa saja..apa saja..sekedar mengisi jeda
panjang yang ditimbulkan Sang Kuda Nil betina ini. Alhasil..lapaknya selalu
terlihat rame..sepanjang siang dan sore.

Entah disengaja atau tidak..kelakuan Bu Gito mengingatkanku akan salah satu
jurus pamungkas branding yg begitu sering didengung-dengungkan Al Ries dan
putrinya Laura Ries dalam berbagai buku mereka...salah satunya War in The
Boardroom.

--Sebagai seorang Creative Junkies yang sering bersentuhan dengan berbagai
client dari berbagai perusahaan..tentunya aku harus memahami hal-hal dalam
dunia marketing (ehm!) --

"Jika Anda mencoba memenangkan persaingan hanya dengan memperbaiki mutu
produk Anda..bersiap-siaplah kecewa..karena seringkali..yang dibutuhkan
dalam bisnis adalah..menjadi berbeda. Karena harga seringkali adalah sebuah
persepsi, yang tidak berbanding lurus dengan kualitas"

"Business is about attractions !", kata Roger Hamilton, penulis buku Wink
and Grow Rich, kepada kami peserta seminarnya disuatu kesempatan.

Brian Tracy menuliskannya dengan sedikit berbeda dalam buku best sellernya
The Psychology of Selling, "words of mouth adalah senjata yang paling
ampuh..dan iklan terbaik..entah itu buruk atau baik, publisitas selalu
dibutuhkan. Semua orang mencari sesuatu untuk dibicarakan"

Begitu pula menurut Marc Gobe, dalam bukunya Emotional Branding, yang
mengatakan bahwa "pendekatan yang melibatkan berbagai faktor emosional
sangat penting untuk membuat sebuah produk tak terlupakan oleh customer
mereka" (yang terakhir ini..bahkan lebih jauh dari perkiraan Gobe..Bu Gito
cendrung membuat customernya benar-benar emosi !!..hehehe..)

Nah..lain halnya dengan contoh konyol Bu Gito, sebuah bengkel langganan
kami...punya sesuatu yang berbeda..(ingat cerita kemaren :)) yang membuat
aku betah berkunjung kesana.

sesuatu itu adalah ruang tunggu mereka..sangat unik..yang sama sekali tidak
ada hubungannya dengan teknologi perbengkelan..

Sebuah ruangan luas ber-AC dan bebas asap rokok dengan 4 kumpulan sofa yang
mengelompok dibeberapa tempat demi menjamin privacy. Membentuk suasana
rumah, ruang keluarga lengkap dengan TV, majalah, cemilan bahkan play
station ! Belum lagi 10 buah PC yang nangkring dengan fasilitas
internet..free of charge..!! Itu belum seberapa. Ada empat buah kursi pijat
modern yang merupakan produk dari sponsor yang dapat digunakan semau-maunya
oleh kami, para customer yang sedang menunggu ini..lengkap dengan dua orang
wanita cantik yang akan membantu kita mengoperasikan kursi tersebut ;)

Perbedaan yang jelas-jelas menyentuh kami secara emosional.

Nah..lengkap sudah pelajaran hari ini..setidaknya buat aku pribadi.. :)
dari mulai Bu Gito..hingga bengkel favorite ku.

Setiap manusia unik..cuma ada satu dan satu-satunya..yang perlu kita lakukan
hanya menggali keunikan kita masing2..that's all (*)

--
*What a wonderfull world ! What an exciting journey !!
*
*
Made Teddy Artiana, S. Kom
*
IT, fotografer, penulis & event organizer
http://semarbagongpetrukgareng.blogspot.com

*Galery & Stock Photo
*http://theBeautyofBelitung.multiply.com
http://fromBaliWithLove.multiply.com
http://LawangSewuKotaTua.multiply.com
http://TriptoPulauPramuka.multiply.com

http://HongkongMacauShenzen.multiply.com
Post a Comment