Tuesday, March 08, 2011

Yoono – All Social Network from 1 place


Yoono adalah salah satu Add-Ons di Firefox. Menurut situs Firefox, https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/yoono-twitter-facebook-linkedi/ Yoono adalah Add-Ons tentang Social Networking nomor 1 yang paling banyak diunduh (download) oleh pengguna Firefox. Yoono memiliki kemampuan untuk mengumpulkan Social Network Sites pada 1 lokasi yang terletak di sisi kiri browser. Istilahnya adalah side-bar. Beberapa situs Social Networking yang didukungnya adalah Facebook, Twitter, MySpace, Linkedln, Youtube, Flickr, Foursquare, FriendFeed, Yammer, Google Buzz, AIM, Live Messenger, Yahoo Messenger, dan Google Talk.



Untuk memasangnya, kunjungi situs https://addons.mozilla.org/en-US/firefox/addon/yoono-twitter-facebook-linkedi/ . Klik tombol Add to Firefox untuk mulai mengunduhnya (download). Jika muncul peringatan bahwa Firefox tidak mengijinkan untuk melakukan instalasi, klik tombol Allow yang berada pada pojok kanan atas. Setelah itu akan muncul layar instalasinya. Klik Install dan Firefox akan mulai mengunduh. Jika sudah selesai, restart Firefox dan lihat pada sisi kiri browser Anda. Yoono telah terpasang!

Saat pertama kali, Anda akan dihadapkan pada pilihan Social Network yang akan Anda ikuti. Anda bisa memilih salah satunya atau bahkan semuanya. Caranya mudah. Cukup klik logo Social Network yang Anda pilih. Misalkan Facebook. Klik logo Facebook. Halaman browser akan membawa Anda untuk memasukkan username dan password akun Facebook Anda. Setelah itu, Facebook akan meminta ijin Anda, agar Yoono dapat mengakses informasi pada akun Facebook Anda. Informasi tersebut adalah Profil, Wall, News Feed, Messages, Contact Information, Photo dan Video Anda. Tunggu beberapa saat, dan jika berhasil, maka Yoono akan menampilkan pemberitahuan bahwa Yoono sekarang terhubung ke Facebook. Untuk Social Network yang lain, langkah-langkahnya kurang lebih mirip. Jika sudah cukup menghubungkan akun Anda ke Yoono, klik tombol Finish di bagian bawah Side-Bar.

Setelah selesai, Anda akan melihat Side-Bar Yoono diisi dengan akun Social Network Anda yang terhubung dengan Yoono. Pada Facebook misalkan, Anda dapat melihat Updates, Friend, Messages, dan Notifications. Menariknya pada Facebook adalah, jika Anda mengarahkan mouse Anda pada foto hasil Mobile Uploads, secara otomatis halaman browser akan menampilkannya disana dengan ukuran diperbesar. Tentunya ini menyingkat waktu untuk membuka halaman Facebook tersendiri.

Ingin meng-update status? Anda dapat melakukannya dengan mudah. Klik saja area untuk menulis update status Anda. Secara otomatis, Yoono akan menampilkan pilihan kemana update status Anda ditujukan. Jika Anda juga memilih Twitter dan Facebook bersamaan, maka karakter status Anda akan menjadi maksimal 140 karakter. Klik Update jika Anda sudah selesai menulis status Anda.

Tentunya masih banyak fitur-fitur lain yang dapat dijelajahi lebih lanjut. Baik untuk Facebook, Twitter, dan Social Network yang lain. Selamat mencoba ! :)
Post a Comment