Thursday, May 05, 2011

Virtualbox 4.0 di Ubuntu 10.10

Selama beberapa bulan terakhir, saya selalu tetap menggunakan Virtualbox 3.2 pada Ubuntu 10.10. Alasannya, adalah karena VBox versi tersebut, sudah mendukung USB pada Guest OS. Tetapi, kendalanya adalah, resource processor laptop saya, selalu mencapai 80% hanya untuk proses VBox.



Akibatnya, jika saya menjalankan VBox, siap-siap aja laptop shutdown karena kepanasan. Akhirnya, karena kesal, saya iseng meng-upgrade dengan versi yang lebih baru. Versi 4.0.4 yang bisa diambil di situs http://www.virtualbox.org/wiki/Linux_Downloads

Saya ambil yang .deb untuk Ubuntu 10.10. Lalu hapus VirtualBox sebelumnya yang versi 3.2. Setelah itu saya install versi ini dengan menggunakan perintah sudo dpkg -i [nama_paket]

Setelah berhasil install, saat akan menjalankan Guest OS-nya, muncul pesan error berikut :


Ternyata perlu install extension pack. Paket ini kemudian saya download di alamat http://download.virtualbox.org/virtualbox/4.0.6/Oracle_VM_VirtualBox_Extension_Pack-4.0.6-71344.vbox-extpack

Cara installnya :

  1. Jalankan VirtualBox
  2. Masuk ke menu Preferences
  3. Masuk menu Extensions
  4. Pilih Add package (tombolnya ada disebelah kanan kotak kosong)
  5. Masukkan file extension pack yang sebelumnya di download
  6. Klik Install

Jika berhasil, maka akan muncul pesan bahwa instalasi sukses.

Setelah itu, Guess OS dapat dinyalakan dengan lancar, USB tetap dapat dikenali oleh Guess OS dan resource processor untuk menjalankan VirtualBox menjadi jauh lebih ringan :D
Post a Comment