Thursday, October 25, 2012

Jasa Service AC

Tanggal 23 Oktober 2012, saya memanggil jasa service AC berinisial An***h Tech****l yang berdomisili di BSD, untuk melakukan pemeliharaan pada AC yang saya miliki. Sudah hampir 1 tahun AC tidak dibersihkan.

Tetapi, maksud hati ingin menjadikan AC lebih baik, ternyata setelah dibersihkan, AC malah menjadi kurang dingin dan mengeluarkan suara berisik. Jika siang, tidak terlalu terdengar. Tetapi jika malam karena hening, suara tersebut cukup mengganggu.

Yang dilakukan oleh teknisi AC tersebut adalah mencuci AC, menambah freon, dan menguras + isi ulang freon (khusus AC yang ada yang di kamar utama). Biaya yang kami keluarkan mencapai Rp 505 ribu !
Biaya isi ulang Freon adalah 250 ribu setelah ditawar. Mulanya, mereka membuka harga sebesar 375 ribu. Padahal, kalau lihat disini, jasa Isi Ulang Freon adalah Rp 150 ribu saja.

Besoknya, saya coba komplain, karena dari mereka memberikan garansi selama 1 bulan. Saat mereka datang untuk memenuhi panggilan saya, saya merasa mereka tidak berusaha memperbaiki apapun. Sebab setelah mereka pulang, saya masih merasakan AC yang kurang dingin serta suara yang berisik.

Lalu setelah berdiskusi dengan salah satu teknisi mereka, saya merasa bahwa teknisi tersebut kurang paham mengenai konsep suhu. Dia mengatakan bahwa suhu AC 25 derajat Celcius, lebih dingin dari suhu AC 18 derajat Celcius. Saya ngotot bahwa itu tidak benar. Setahu saya, semakin mendekati Nol derajat, maka suhu semakin dingin. Makanya air membeku pada suhu 0 derajat, karena dingin. Dan dia lebih ngotot lagi, kalau konsep suhu di AC, adalah sebaliknya. Semakin menjauhi Nol derajat, semakin dingin. Jika begitu, pada suhu berapa air akan membeku dan pada suhu berapa air akan mendidih?

Ancur dah. Males gue debat sama yang begini.

Intinya adalah, gue kurang puas dengan pelayanannya :-(
Post a Comment