Tuesday, October 23, 2012

Reset IP Address Windows 7

Kemarin, laptop Windos 7 saya tiba-tiba tidak bisa terkoneksi ke Internet via Wireless LAN. Statusnya terhubung ke Router Wireless, tapi tidak bisa mendapatkan IP Address. Kalau saya coba menggunakan perintah ipconfig /renew , akan ada pesan Unable to contact DHCP Server, request timed out.

Frustasi selama 2 malam, tetap membuat tidur saya dengan nyenyak. Hehe... Walau begitu, saya tetap melakukan beberapa usaha agar bisa terkoneksi kembali dengan Internet. Setelah Googling, saya melakukan reset IP Address. Siapa tahu, setting IP Address-nya nyangkut :-p
Ceklist untuk memastikan sumber error adalah :
  1. DHCP services di Services, Nyala. Restart services, tetap Error
  2. Cek Firewall , Nyala. Matikan Firewall, lalu coba lagi, tetap Error
  3. Coba masukkan IP Static, bisa. Tapi bukan itu hasil yang diharapkan :-p
  4. Cek Antivirus, siapa tahu memblok services DHCP, nihil.
Caranya adalah :
  1. Jalankan CMD sebagai Administrator. Walau pun saya login sebagai Administrator, entah kenapa, tetap saja saya harus menjalankannya dengan cara klik kanan icon Command Prompt > Run as Administrator
  2. Ketik perintah netsh int ip reset c:\resetlog.txt . C:\resetlog.txt adalah lokasi file untuk menyimpan hasil resetnya.
  3. Hasilnya, seperti gambar berikut :

Tapi masih gagal :((
Lalu Googling lagi, dan mendapatkan bahwa ada perintah tambahan. Yaitu restart Winsock.
Perintahnya adalah nestsh winsock reset
Hasilnya, seperti berikut :


Restart komputer. Tapi masih gagal :((
Lalu saya tinggal tidur. Sebab udah ngantuk dan frustasi. Googling juga udah capek. Waktunya istirahat.

Pagi jam 6, saya coba lagi. Daaan.... berhasil. Alhamdulillah. Tapi kenapa ya?

Referensi :

Post a Comment