Friday, December 07, 2012

Menon-aktifkan NSS-LDAP pada CentOS 5.5

Beberapa waktu lalu, saya coba install FTP server di salah satu mesin kami. Mesin itu menggunakan CentOS  5.5 sebagai sistem operasinya. Kemudian saya coba install ProFTPd dan Pure-ftpd. Tetapi selalu gagal saat uji coba koneksi. Pesan error dari /var/log/message adalah seperti berikut :

nss_ldap: failed to bind to LDAP server ldap://127.0.0.1: Can't contact LDAP server
nss_ldap: failed to bind to LDAP server ldap://127.0.0.1/: Can't contact LDAP server
nss_ldap: reconnecting to LDAP server (sleeping 64 seconds)...
nss_ldap: failed to bind to LDAP server ldap://127.0.0.1: Can't contact LDAP server
nss_ldap: failed to bind to LDAP server ldap://127.0.0.1/: Can't contact LDAP server
nss_ldap: could not search LDAP server - Server is unavailable

Heran, kenapa begitu ya? Ide pertama yang terpikir oleh saya adalah, bagaimana menon-aktifkan fungsi LDAP-nya? Sebab saya tidak perlu LDAP untuk kebutuhan saya.
Setelah 2 hari nyasar di Google, saya menemukan solusinya.

Ternyata, solusinya berada di file /etc/nsswitch.conf
Saya perlu mengubahnya menjadi seperti ini :
# SETTING ASLINYA
#passwd:     files ldap
#shadow:     files ldap
#group:      files ldap
passwd:     files
shadow:     files
group:      files
Setelah itu, Alhamdulillah, saya tidak menemukan pesan error itu, dan berhasil melakukan koneksi ke FTP Server.

Referensi :
http://lists.centos.org/pipermail/centos/2008-February/052216.html
Post a Comment