Thursday, May 09, 2013

Memperbaiki Flashdisk yang error Write-Protected

Ceritanya, saya memiliki sebuah flashdisk Kingston berkapasitas 4 GB. Sejak 4 tahun yang lalu, Flashdisk tersebut mendadak mengalami error saat coba melakukan copy file ke Flashdisk. Errornya adalah Write-Protected. Saya bisa akses file yang ada di Flashdisk tersebut, dan copy file dari Flashdisk ke komputer.

Sudah saya coba scan menggunakan Antivirus, format di Windows XP dan 7, Linux RedHat dan Ubuntu, semua gagal. Saat mau diformat, muncul pesan bahwa flashdisk-nya Write-Protected.


Dan kemarin, iseng-iseng saya cari lagi solusinya. Ini karena tiba-tiba Flashdisk-nya ketemu lagi :D
Setelah Googling, saya mendapatkan beberapa solusi. Kurang lebih sama. Tetapi saya mendapatkan 1 referensi yang merangkum semua solusinya.

Saya sendiri, berhasil dengan menggunakan solusi nomor III dengan megunduh tool untuk Apacer.
Tool ini, dapat berjalan di atas Windows 7, tidak hanya untuk Windows XP.

Caranya cukup mudah. Cukup ekstrak file tersebut, kemudian jalankan filenya. Tentunya setelah Flashdisknya terpasang di komputer. Tool akan memberi peringatan, bahwa Flashdisk akan di-Format.

OK. Let's do it. Datanya sudah aman. Yang penting Flashdisk tersebut bisa berfungsi lagi. Sayang jika kapasitas 4 GB tidak digunakan :p

Indikator flashdisk akan kelap-kelip saat Tool tersebut diakses. Tunggulah beberapa saat hingga indikatornya berhenti berkedip, dan yuhuuuuu....... Flashdisk-nya dapat digunakan kembali.

Alhamdulillah.... :D
Post a Comment