Thursday, May 30, 2013

Yum error install

Hari ini saya diberikan mesin dengan sistem operasi CentOS 6.2 untuk server development.
Kebetulan, ada file yang perlu saya pindahkan antar server dengan menggunakan Secure Copy (scp). Ketika dicoba menggunakan scp, ternyata aplikasi scp tidak tersedia. Cara paling mudah adalah dengan cara mengunduhnya via Yum. Packing Tool untuk RedHat/CentOS.
Tetapi ternyata banyak pesan error.

Error Pertama :

14: PYCURL ERROR 6 - "Couldn't resolve host 'mirrorlist.centos.org'"
  
Pesan itu diakibatkan karena tidak CentOS tidak bisa mengetahui IP Address dari alamat diatas.

Solusi :

Tambahkan DNS yang valid pada file /etc/resolv.conf

search domain.co.id
nameserver 10.x.x.x
nameserver 202.x.x.x
nameserver 202.x.x.x

 


Error Kedua :

14: PYCURL ERROR 7 - "Failed to connect to 2a02:2498:1:3d:5054:ff:fed3:e91a: Network Unreachable

Hal ini terjadi (pada kasus saya) karena mesin ini berada dibelakang Proxy.

Solusi :

Tambahkan parameter berikut pada file /etc/yum.conf

# The proxy server - proxy server:port number
proxy=http://your_proxy_server:your_port
# The account details for yum connections
proxy_username=your_username

proxy_password=your_password

Error ketiga :

Saya perlu aplikasi scp untuk menyalin file antar server. Ternyata muncul pesan "Error : Nothing to do"

Hal itu ternyata disebabkan karena paket yang saya cari tidak ada. Ternyata instalasi scp bukan dengan perintah yum install scp. Saya perlu cari tahu, di paket mana file tersebut berada.

Solusi :

Lakukan langkah seperti pada gambar :



Setelah itu, lakukan perintah yum install openssh-clients untuk melakukan instalasi aplikasi Secure Copy.

Selamat mencoba !

Referensi :
http://www.centos.org/modules/newbb/viewtopic.php?topic_id=36315&forum=55
http://utdream.org/post.cfm/yum-couldn-t-resolve-host-mirrorlist-centos-org-for-centos-6
Post a Comment